Tips Menghadapi Persalinan Bayi Sungsang

Jual Buku Panduan Merawat Bayi 1 Tahun Pertama

Tips menghadapi persalinan bayi sungsang – melakuan persalinan secara normal adalah dambaan semua wanita di dunia, hal ini berkaitan dengan adanya kabar bahwa anda belum menjadi ibu sejati jika anda belum bmelahirkan secara normal. Akan tetapi melahirkan secara normal kadang bisa saja tidak dapat dilakukan karena adanya faktor-faktor yang jauh lebih penting. Jika anda tidak dapat melakukan persalinan secara normal anda dapat melakukan persalinan dengan menggunakan operasi sesar. Operasi sesar tentunya dilakukan dengan berbagai pertimbangan dan dengan persetujuan kedua belah pihak orang tua. Persalinan secara sesar ini dilakukan tentu saja untuk menghindari hal yang buruk terjadi pada calon ibu dan anaknya. Salah satu hal yang menyebabkan sebuah persalinan menjadi persalinan yang tidak normal adalah karena posisi bayi yang tidak pada tempatnya, seperti posisi bayi yang terbalik. Posisi bayi terbalik ini disebut sebagai bayi sungsang, dimana bayi yang seharusnya posisi kepala menghadap pada jalan lahir menjadi terbalik dan membelakangi jalur lahir.

berbagai tips dan cara menghadapi persalinan bayi sungsang, serta menghindari dan mengatasinya saat sebelum proses melahirkan.

Menghindari posisi bayi sungsang


Posisi bayi sungsang dapat terjadi dengan sendirinya, beberapa hal yang akan menyebabkan posisi bayi sungsang adalah :

a. plasenta menutupi rongga pinggul sehingga bayi tidak dapat menuju ke jalur lahirnya

b. rongga pinggul terlalu sempit

c. adanya kanker atau tumor

d. bayi kembar

Cara Mengatasi Posisi Bayi Sungsang Menjelang Persalinan


Posisi bayi yang sungsang ini memang tidak dapat dihindari, akan tetapi hal ini dapat diatasi. Berikut merupakan cara untuk mengatasi posisi bayi sungsang pada waktu menjelang HPL atau hari perkiraan lahir.

a. Sering melakukan posisi sujud


Ketika calon ibu sering melakukan posisi sujud akan membantu bayi untuk berputar ke arah seharusnya yaitu kepalanya menghadap ke jalan lahir.

b.  Dilakukan pemutaran bayi dari luar


Hal ini hanya dapat dilakuakan oleh dokter kandungan yang akan mengatasi proses persalinan anda, hal ini seperti disebut sebagai versi luar dilakuan dengan teknik pemutaran dari luar perut. Akan tetapi cara ini akan dihentikan bila ibu merasa sakit. Hal ini juga tidak dapat dilakukan apabila plasenta menutupi rongga pinggul karena jika plasenta ada pada rongga pinggul bayi mustahil dapat kembali ke posisi normalnya. Bayi juga akan berada pada posisi sungsang meskipun telah melakukan kedua cara diatas apabila dia terlilit tali pusar. Versi luar ini juga agak sensitif karena otot rahim merupakan oto yang sensitif karena itu bisa saja terjadi kontraksi pada perut ibu hamil saat dilakukan proses luar ini.

Tips Menghadapi Persalinan Bayi Sungsang


Ketika mengalami bayi  sungsang yang anda harus persiapkan pertama kali adalah coba untuk membuat bayi kembali ke posisi normalnya yaitu kepalanya menghadap pada jalur lahir dengan kedua cara yang telah dibahas diatas. Akan tetapi jika cara tersebut tidak berhasil yang anda harus hadapi adalah proses melahirkan secara sesar. Proses ini memang tidak semenyakitkan persalinan normal karena anda akan dioperasi dan dilakukan bius separo tubuh karena perut anda akan disobek dan dijahit, akan tetapi rasa sakitnya tidak akan terasa hingga efek biusnya hilang, setelah efek bius hilang anda akan diberikan obat-obatan yang akan membantu pemulihan bekas operasi. Namun ada beberapa ibu yang masih ngotot untuk melakukan proses persalinan secara normal tanpa berfikir panjang hanya karena ada sebutan bahwa anda bukan ibu sejati jika anda tidak melahirkan secara normal. Hal itu salah besar, ketika anda memaksakan persalinan secara normal padahal anda tidak bisa maka anda akan membahayakan nyawa anda ataupun bayi anda, dan bukankan tugas ibu yang utama adalah melindungi keselamatan bayinya? Itu baru ibu sejati. Demikianlah tips menghadapi persalinan bayi sungsang.


Jual Crystal X Asli Obat Keputihan Herbal Aman

Bagikan

Jangan lewatkan

Tips Menghadapi Persalinan Bayi Sungsang
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.