Macam Gerakan Senam untuk Ibu Hamil agar Bayi Tidak Sungsang

Jual Buku Panduan untuk Ibu Hamil

Tips Hamil - Gerakan senam untuk ibu hamil agar bayi tidak sungsang banyak dilakukan oleh ibu hamil dengan kondisi kehamilan bermasalah. Sungsang berarti bahwa kepala bayi terletak diatas rahim jadi bayi mungkin akan beresiko jika dilahirkan secara normal. Meskipun ada beberapa kelahiran sungsang yang dilakukan secara normal. Bayi biasanya akan mengalami perubahan posisi menjelang tahap akhir kehamilan. Kepala bayi akan memutar sehingga kepala berada diposisi bawah dan berada di jalur kelahiran yang normal. Tapi jika anda tidak bisa mendapatkan posisi bayi normal maka lakukan beberapa gerakan seperti dibawah ini.


berbagai macam gerakan senam untuk ibu hamil agar bayi tidak sungsang: tari perut, gerakan miring, latihan sujud, berjalan kaki, dan bertumpu dengan kursi.

Tari Perut


Tari perut adalah salah satu gerakan yang akan membuat panggul mengalami putaran ringan. Anda bisa berputar denga pinggul sebagai tumpuan utama. Pembukaan pada bagian kaki dan panggul bisa membuat bayi di dalam janin merasa memiliki ruang yang lebih luas. Akibatnya maka bayi bisa berputar dan kepala berada di bagian bawah. Gerakan ini dilakukan dengan bantuan bola untuk senang yang lembut. Metode latihan bisa dilakukan menjelang kelahiran atau ketika masuk ke trimester ketiga dimana posisi bayi seharusnya sedang berjalan untuk memutar posisi kepala ke bawah.

Gerakan Miring


Gerakan memiringkan kepala bayi menjadi salah satu gerakan yang bisa mengatasi masalah bayi sungsang. Gerakan ini dilakukan dengan menggunakan kursi atau sofa. Anda bisa mulai dengan terlentang santai lantai yang rata kemudian letakkan kaki pada sofa atau kursi. Angkat bagian pantat dengan lembut dan pelan serta tahan selama beberapa detik. Lakukan latihan ini secara bertahap karena ibu hamil mungkin akan merasa kurang nyaman karena perut yang semakin membesar. Jadi anda bisa mencoba untuk melakukan gerakan senam untuk ibu hamil agar bayi tidak sungsang.

Latihan Sujud


Latihan berlutut juga sangat baik untuk mendorong posisi bayi kembali ke jalan lahir. Anda bisa melakukan gerakan ini dengan cara berlutut sampai bagian dada. Anda bisa memakai bantal untuk dibagian bawah lutut. Anda bisa mulai untuk berlutut dengan lebar bahu dan lutut hampir sama. Pada bagian depan anda bisa bersandar pada bagian lengan kemudian biarkan dahi hingga sampai ke lantai. Lakukan latihan ini selama tiga kali sehari selama 10 menit.

Berjalan Kaki


Berjalan kaki mungkin memang tidak termasuk sebagai latihan senam. Tapi banyak ibu hamil yang akhirnya bisa melahirkan normal karena sering berjalan-jalan. Jalan-jalan rutin bisa membantu ibu hamil merubah posisi bayi yang sungsang menjadi normal. Ketika anda berjalan mada ada beberapa bagian tubuh yang bisa mencoba untuk merubah bayi sesuai dengan posisi panggul. Anda bisa mencoba untuk berjalan – jalan selama sekitar 10 menit setiap hari. Anda bisa melihat perubahan posisi bayi dengan pemeriksaan USG.

Gerakan Bertumpu dengan Kursi


Gerakan bertumpu dengan kursi menjadi gerakan pilihan yang bisa dilakukan untuk ibu hamil menjelang kelahiran dan posisi bayi masih sungsang. Latihan ini memang mirip seperti senam dengan tari perut. Anda hanya perlu duduk bertumpu pada kursi kemudian buka kaki lebar dan lakukan gerakan mengencangkan otot-otot paha. Gerakan ini sama sekali tidak akan menganggu janin justru akan membuka jalan panggul sehinggga bayi  bisa beputar. Anda bisa melihat semua cara senam ini dari video di bawah ini. 



Itulah beberapa gerakan senam untuk ibu hamil agak bayi tidak sungsang, yang dapat anda lakukan. Jadi bayi sungsang bukan halangan bagi wanita untuk tetap melahirkan secara normal dan alami


Jual Buku Panduan untuk Ibu Hamil

Bagikan

Jangan lewatkan

Macam Gerakan Senam untuk Ibu Hamil agar Bayi Tidak Sungsang
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.